Minggu, 11 Februari 2018

Cara Jitu Memulai Marketing Analysis dari Awal

Secara sepintas, jika terlintas kata marketing analysis atau analisis pemasaran, tentu dahi kita akan berkernyit. Serius. Rumit. Punyeng. Dan sejuta gambaran terbayang terkait banyaknya angka, mengaitkan faktor satu dengan faktor lainnya, menarik asumsi, menguji sampel, dan membuat kesimpulan.

Bayangan itu bisa saja benar. Tapi jika kita tahu tips dan triknya, akan lebih mudah. Pertama, kita harus tahu dahulu gambaran besarnya, dimulai dari definisi. Definisi marketing analysis – kata analisis sangat dekat dengan pekerjaan detektif. Para detektif akan melakukan analisis terhadap informasi yang sudah ia kumpulkan, kemudian hasil analisis tersebut dijadikan sebuah kesimpulan terkait kasus yang ia hadapi. Agar mendapat analisa yang tepat detektif diperlukan informasi yang saling berkaitan dan menuju kepada satu tujuan seperti pelaku atau barang hilang. Dalam dunia marketing pun dikenal adanya marketing analisis. Untuk pengertian, manfaat dan apa saja yang perlu diperhatikan untuk melakukan marketing analisis akan dijelaskan singkat pada artikel ini semoga dapat bermanfaat.

Setelah sebelumnya melakukan marketing research dan mendapat informasi penting kemudian anda lanjutkan dengan marketing analysis. Apa itu? Dalam situs businessdictionary.com marketing analysis adalah penyelidikan ke dalam pelaksanaan marketing untuk mengetahui apa saja yang mempengaruhi didapatnya hasil maksimal dan apa efek dari hasil tersebut dalam marketing. Secara umum analisis pemasaran adalah studi tentang dinamika pasar. Mulai dari naik turunnya hasil yang kita dapat hingga ke ranah psikologi konsumen. Inilah daya tarik khusus pasar terutama dalam industri spesifik. Analisis pemasaran pada dasarnya adalah rencana bisnis yang menyajikan informasi mengenai pasar di mana anda terjun. Dalam penyajiannya tersebut sangat berkaitan dengan berbagai faktor yang juga akan dibahas dalam artikel ini.

Setali tiga uang dengan ilustrasi diatas. Jika dalam duniadetektif, analisa dilakukan untuk mendapatkan deduksi yang pas, maka dalam dunia marketing, analisa dilakukan untuk mendapatkan data kemajuan proses marketing yang anda lakukan. Mudahnya analisis pemasaran dilakukan sehingga anda dapat merumuskan strategi bagaimana cara yang tepat menjalankan bisnis anda selanjutnya. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tertentu, anda akan tahu bagaimana untuk menjalankan bisnis anda.

Faktor yang paling umum adalah SWOT yang merupakan akronim untuk; (Strength) Kekuatan, (Weakness) Kelemahan, (Opportunities) Peluang dan (Threats) Ancaman. Dengan menilai kekuatan dan kelemahan anda, anda dapat membuat strategi pada faktor mana yang menjadi fokus anda. Misal anda ahli dalam public relation atau hal-hal yang berkaitan dengan interaksi maka hal ini yang perlu anda fokuskan sedangkan jika anda lemah dalam penggunaan internet atau gadget maka hal ini perlu anda hindari. Anda juga perlu melihat faktor-faktor eksternal seperti situasi yang dapat memberikan anda kesempatan atau ancaman. Seperti misalnya faktor ekonomi, ketidakstabilan politik atau bahkan perubahan sosial, semuanya dapat memberikan peluang yang dapat Anda ambil dan meningkatkan keuntungan anda. Tapi mereka juga dapat membuat ancaman yang akan menghambat transaksi bisnis anda. Dengan mempertimbangkan semua faktor ini akan memberikan hasil analisa pemasaran untuk dapat memposisikan dimana sebaiknya anda menerapkan strategi.

Ada dimensi tertentu yang membantu kita untuk melakukan analisis pemasaran. Semua elemen tersbut nada dapatkan dengan melakukan marketing research terlebih dahulu. Dengan hal-hal ini akan membantu kita memahami apakh pasar kita beroperasi lebih baik. Dimensi ini meliputi;

1) Ukuran Pasar – Mengetahui ukuran pasar merupakan faktor kunci dalam analisis pemasaran. Semakin besar pasar, semakin besar persaingan yang akan anada hadapi. Untuk pasar yang besar, anda perlu memastikan produk dan jasa yang anda tawarkan menonjol dan menarik. Jika tidak, pelanggan dapat dengan mudah beralih ke produk pesaing. Tidak hanya itu, pasar yang lebih besar membuat anda perlu memikirkan kembali kebijakan harga anda. Menetapkan harga yang terlalu tinggi akan membuat anda kehilangan pelanggan karena mereka beralih ke pesaing anda yang menawarkan harga lebih murah. Ketika menetapkan harga terlau rendah orang-orang akan berpikir kalau barang yang anda jual itu adalah barang murah berkualitas jelek. Tapi jika ukuran pasar kecil maka anda bisa melakukan penetapan harga yang tinggi. Nah semua fakta ini tersimpan dalam analisis pemasaran dan dengan fakta ini anda dapat meneruskan rencana pemasaran anda

2) Tingkat pertumbuhan pasar – Tingkat pertumbuhan pasar adalah faktor besar dari semua faktor dalam analisis pemasaran. Hal ini karena anda mendapatkan ide dari berapa lama pasar tersebut akan bertahan. Sebelum anda melakukan investasi anda perlu menganalisis tingkat pertumbuhan pasar. Jika ada kemungkinan pasar untuk tumbuh dari waktu ke waktu maka Anda dapat berinvestasi lebih banyak di dalamnya. Jika tidak memiliki pertumbuhan maka sebaiknya anda tidak menginvestasikan apa-apa. Berapa banyak waktu dan perhatian yang anda berikan kepada pasar tergantung pada tingkat pertumbuhannya.

3) Tren pasar – Tren pasar juga bagian penting dari analisis pemasaran. Memiliki pengetahuan tentang tren membantu anda untuk memutuskan jenis produk apa yang sebaiknya anda jual selanjutnya. Ketika anda baru memulai bisnis anda perlu mengetahui apa hal yang sedang nge-hits. Apa hal yang pelanggan inginkan? Berapa banyak mereka bersedia untuk menghabiskan? Apa ada tren lain yang mungkin menarik perhatian mereka? ini adalah beberapa hal yang anda pertimbangkan dalam menganalisis pemasaran. Di sisi lain, tren pasar dapat berubah setiap hari. Hal ini dapat berubah menjadi kesempatan atau pun ancaman itu semua bergantung bagaimana anada menghadapinya

4) Profitabilitas pasar – Apa tujuan anda melakukan bisnis? kebanyakan orang akan menjawab untuk mendapatkan keuntungan. Karena itu, sebelum masuk ke bisnis anda perlu menganalisis profitabilitas pasar. Jika pasar memiliki profitabilitas yang baik maka anda dapat berinvestasi. Jika tidak, itu akan membuang-buang waktu dan modal. Untuk menghitung profitabilitas pasar, ada beberapa hal yang harus mempertimbangkan. Hal-hal ini meliputi; kekuatan pembeli, kekuatan pemasok, hambatan masuk dan sebagainya.

5) Faktor Kunci Sukses – Faktor kunci keberhasilan adalah unsur-unsur yang mempengaruhi untuk mendapatkan keberhasilan dalam pemasaran. Unsur tersebut harus dapat bertahan dalamsetiap persaingan. jika anda tangani hal ini dengan baik, memungkinkan anda untuk menghasilkan hasil yang lebih bagus bagus. Faktor kunci keberhasilan meliputi;

a) Alur Distribusi – Alur distribusi sangat penting untuk bisnis. Tanpa mereka, Anda tidak akan bisa mengantarkan produk Anda ke pelanggan Anda. Hal ini juga harus diperhatikan karena Anda perlu menilai seberapa baik alur tersebut. apakah sudah ada cukup baik atau anda perlu mengembangkan alur yang baru. Terkadang anda dapat mencoba alur pemasaran yang baru seperti belanja online.

b) Struktur Biaya Industri – Struktur biaya industri adalah faktor yang signifikan saat menjalankan bisnis. Pada dasaranya faktor ini melihat seberapa banyak biaya yang diperlukan membuat produk anda terjual. Dengan mengatur hal ini anda dapat meningkatkan keuntungan tanpa perlu menaikkan harga. Melakukan analisis pemasaran akan membantu anda untuk menemukan cara-cara baru untuk mengurangi biaya dan meningkatkan profit. Pada saat yang sama, hal ini membantu untuk menciptakan strategi untuk mengembangkan keunggulan kompetitif dari pesaing anda.


Itulah dia beberapa informasi tentang marketing analysis. Duniaindustri.com--sebuah start up khusus di segmen industri yang berisi berita, riset pasar, market intelligence, dan komunitas industri--hadir untuk memudahkan marketing analysis. Duniaindustri.com telah menangani puluhan proyek data hingga riset persaingan pasar dari perusahaan kecil, menengah, besar di Indonesia, terutama dari Jakarta, Cikarang, Bandung, Yogya, Surabaya, Palu, Bali, dan daerah lainnya.

Saat ini lebih dari 150 data historis industri dari berbagai sektor industri manufaktur (tekstil, agro, kimia, makanan-minuman, elektronik, farmasi, otomotif, rokok, semen, perkapalan, dan lainnya), komoditas, pertanian, perkebunan, sumber daya mineral, logistik, infrastruktur, properti, perbankan, reksadana, media, consumer, hingga makro-ekonomi, menjadi kumpulan database di duniaindustri.com.

Data dan Kajian Pembangunan Infrastruktur 2015-2019 (Alternatif Pendanaan dan Skema Penjaminan)
Data dan Market Brief Industri Baja (Tren Pangsa Pasar dan Demand Growth 2016-2017)
Data dan Kajian Harga Jual Semen Per Wilayah (Analisis Pasar Semen di Indonesia Timur 2017-2020)
Data Komparasi Biaya Pokok Penyediaan Tenaga Listrik Per Wilayah (RUPTL 2017-2026)
Data Komprehensif Infrastruktur Jalan 2015-2019
Riset Infrastruktur Industri 2015-2019 (Peluang Basis Produksi Manufaktur 2017)
Riset Pasar Seluler dan Data Industri Telekomunikasi 2010-2018 (Peta Persaingan dan Potensi Pertumbuhan)
Riset Pasar dan Data Industri Mobil (2005-2019)
Riset Pasar dan Analisis Oversupply Semen (2016-2019)
Riset Pasar Consumer Goods dan Tren Online Shopping (2009-2017)
Riset Pasar dan Data Industri Biskuit 2010-2016 (Peta Persaingan dan Tren Market Leader)
Riset Pasar dan Analisis Industri Kosmetik (Tren Pertumbuhan dan 5 Merek Paling Laris)
Riset Pasar dan Analisis Peta Persaingan Industri Semen (NEW Version)
Riset Eksklusif Industri Kemasan Plastik (Tren Pertumbuhan dan Analisis Cukai)
Riset Eksklusif dan Data Industri Minyak Goreng Sawit (Tren Persaingan Market Leader)
Riset dan Data Industri Pariwisata Indonesia 2010-2020
Riset dan Analisis Eksklusif Farmasi (Tren Persaingan Obat Bebas, Generik, Herbal dan Daftar Obat Paling Laku) 
Riset Pasar Obat Bebas, Obat Generik, dan Obat herbal
Data Industri Elektronik Home Appliances 2005-2015
Riset Industri Manufaktur; Peluang Investasi dan Basis Produksi 2015-2019
Riset Peluang Kerjasama Pemerintah dan Swasta di Proyek Infrastruktur 2015-2019
Riset Tren Produksi Oleokimia dan Biodiesel 2011-2017
Riset Persaingan Brand Rokok di Indonesia 2014-2016
Riset Komprehensif Industri Baja 2007-2017
Riset Peta Persaingan Industri Semen 2015-2017
Data dan Analisis Industri Oli Pelumas 2007-2016
Data dan Outlook Industri Susu & Teh Siap Minum 2013-2016
Data dan Outlook Industri Farmasi 2010-2019
Data dan Outlook Industri Batubara 2011-2030
Data dan Outlook Industri Semen 2003-2019
Data dan Outlook Industri Rokok 2005-2016
Data dan Outlook Industri Petrokimia 2009-2016
Data dan Outlook Transportasi, Logistik, dan Infrastruktur 2009-2019
Data Industri Minimarket, Supermarket, Hypermarket, dan Modern Trade di Indonesia 2012-2015
Data dan Outlook Industri Oleokimia dan Biodiesel 2015-2016
Data dan Outlook Industri Consumer Goods 2016
Tren Fashion dan Data Industri Tekstil
Data industri sepeda motor dan velg motor di Indonesia
Outlook Industri Otomotif 2016-2018
Outlook Industri CPO 2016
Data Pasar Surat Utang di Indonesia dan ASEAN
Data Kejatuhan Harga Komoditas Ekspor Indonesia dan Depresiasi Rupiah
Data Investasi, Insentif, serta Kawasan Ekonomi Khusus Perkebunan Sawit 2010-2015
Data Luas Lahan Sawit, Produksi, serta Ekspor CPO 2009-2015
Data dan Analisis Industri Elektronik Menghadapi ASEAN Community
Data dan Analisis Industri Pakan Ternak dan Perunggasan 2007-2017
Data dan Analisis Industri Baja Periode 2000-2014
Data Investasi Baru, Kapasitas, serta Tren Penjualan Semen 2013-2017
Data Market Insight Private Equity di Asia Tenggara
Data Hilirisasi Industri Sawit, dari Regulasi hingga Persebaran Investasi
Data Sumberdaya Batubara, Tren Harga, serta Biaya Produksi per Ton
Data Industri Semen di Asia Tenggara, Pangsa Pemain, dan Pertumbuhan Pasar
Data Industri Properti dan Perbandingan Harga di Indonesia
Data Industri Perbankan, Reksadana, Asuransi, dan Multifinance di Indonesia
Data Industri Televisi Berlangganan di Indonesia
Data Industri Media dan Belanja Iklan di Indonesia
Data Industri Angkutan Darat (Taksi) di Indonesia
Data Tingkat Kepemilikan dan Minat Beli Mobil di Indonesia
Data Energi Terbarukan (Sawit dan Biofuel) Indonesia
Data Perkebunan Sawit dan Produsen Hilir Terbesar Dunia
Data Outlook Pasar Minyak Nabati China
Data Perubahan Iklim Terkait Sektor Perkebunan di Indonesia
Data Outlook Sektor Transportasi dan Logistik 2014-2018
Data Pasokan dan Permintaan Batubara Termal Global
Data Pasar Minimarket dan Restoran Cepat Saji di Indonesia
Data Produksi, Defisit Pasokan, serta Harga Timah
Data Penjualan Per Merek Mobil
Data dan Analisis Outlook Industri Otomotif
Data dan Analisis Penjualan Motor dan Mobil (LCGC)
Data Strategi Pengembangan Sawit dan Batubara di Indonesia
Data Industri Perkapalan Indonesia
Data Penjualan Mobil Per Segmen Kendaraan
Data Produksi, Ekspor, dan Investasi 15 Komoditas Utama Indonesia
Data Komprehensif Industri Otomotif dan Kebijakan Pemerintah
Data Tren Harga dan Produksi Minyak Nabati Utama
Data Keseimbangan Pasokan-Kebutuhan Sawit dan Dampaknya ke Harga
Data Komprehensif Industri Biofuels dan Produk Hilir CPO
Data Industri Petrokimia, Kimia Dasar, dan Logam Dasar
Data Daya Saing Industri Indonesia di Asean Community 2015
Data Prospek Investasi dan Kebutuhan Lahan Kawasan Industri
Data Industri Makanan-Minuman dan Program Hilirisasi
Data Komprehensif Sasaran, Fokus, dan Kinerja Industri Pengolahan
Data Komprehensif Industri Baja di Indonesia
Data Peranan Industri Sawit sebagai Penghasil Devisa Ekspor
Data Daya Saing Industri dilihat dari Sistem Logistik Nasional
Data Segmentasi dan Jumlah Konsumen Kelas Menengah di Indonesia (2012-2030)
Data Industri Batubata (Brick) di Indonesia dan Malaysia
Data Investasi Infrastruktur, Proyek Pembangunan Pelabuhan, Jalan, Bandara, Kereta Api di Indonesia
Data Masterplan Konektivitas Nasional (2010-2030)
Data Konsumsi dan Impor Susu di Indonesia (periode lima tahun terakhir)
Data Komparasi Konsumsi Semen dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (10 tahun terakhir)
Data Produksi dan Ekspor-Impor Industri Aneka
Data Komprehensif Industri Farmasi Indonesia (Periode Lima Tahun Terakhir)
Data Komprehensif Sistem Logistik Nasional (Sislognas) Indonesia
Data Komprehensif Industri Tekstil Indonesia (periode tiga tahun terakhir)
Data Top 20 Produsen Obat Generik di Indonesia
Data Pasar Kosmetik Indonesia (periode empat tahun terakhir)
Data Volume dan Nilai Ekspor CPO, Tarif Bea Keluar, HPE
Data Omzet dan Top 10 Player Industri Makanan-Minuman
Data Pasar Alat Kesehatan di Asia Pasifik
Data Produksi dan Utilisasi 4 Produsen Kertas Terbesar di Indonesia
Data Pangsa Pasar Top 10 Perusahaan Benang dan Serat
Data Industri Alat Musik, Mainan, dan Perhiasan
Data Permintaan Baja di Indonesia (sepuluh tahun terakhir)
Strategi Ekspansi dan Kapasitas Produksi BUMN Semen Terbesar
Data Produksi Gula, Tebu, dan Area Lahan
Data Buyer Agent Tekstil Terbesar dan Representative Office di Indonesia
Data Jumlah Kendaraan Bermotor, dan Panjang Jalan di Indonesia
Data Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Berdasarkan Jenis
Data Pangsa Pasar Lima Produsen Ban di Indonesia
Data Produksi dan Ekspor-Impor Industri Aneka
Data Penjualan dan Pangsa Pasar 4 Perusahaan Rokok Terbesar
Data Pasar Farmasi di Asia Pasifik
Data Belanja Alat Kesehatan di Indonesia
Data Kapasitas dan Utilisasi Industri Aneka
Kajian Komprehensif Tiga Pemimpin Pasar Semen Indonesia
Kajian Komprehensif Industri Kertas di Indonesia
Data Produksi dan Pangsa Pasar 4 Pemimpin Pasar Baja Canai Panas (HRC)

Sumber: di sini
* Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 150 database, klik di sini
** Butuh 19 Kumpulan Database Otomotif, klik di sini
*** Butuh competitor intelligence ataupun riset khusus (survei & observasi), klik di sini
**** Butuh copywriter specialist, klik di sini
***** Butuh content provider, klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar