Industri semen merupakan salah satu industri yang dibutuhkan untuk
infrastruktur, konstruksi, dan properti. Dengan karakteristik seperti
itu, tidak heran industri semen tumbuh pesat di negara-negara berkembang seperti Asia Pasifik.
Untuk mendukung hal itu, Duniaindustri.com memiliki sedikitnya tujuh data dan riset industri semen yang dapat dengan mudah didownload. Simak ulasannya berikut ini:
(1) Riset Pasar dan Analisis Oversupply Semen (2016-2019)
(2) Riset Pasar dan Analisis Peta Persaingan Industri Semen (NEW Version)
(3) Riset Peta Persaingan Industri Semen 2015-2017
(4) Data dan Outlook Industri Semen 2003-2019
(5) Data Investasi Baru, Kapasitas, serta Tren Penjualan Semen 2013-2017
(6) Data Industri Semen di Asia Tenggara, Pangsa Pemain, dan Pertumbuhan Pasar
(7) Data Komparasi Konsumsi Semen dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (10 tahun terakhir)
(8) Strategi Ekspansi dan Kapasitas Produksi BUMN Semen Terbesar
(9) Kajian Komprehensif Tiga Pemimpin Pasar Semen Indonesia
Berikut ini rinciannya satu per satu:
1) Riset Pasar dan Analisis Oversupply Semen (2016-2019)
ini dirilis per Agustus 2016 menampilkan seluruh informasi mengenai
kondisi kelebihan pasokan (oversupply) industri semen di Indonesia.
Fokus utama pembahasan dalam riset independen, data, analisis, kajian,
dan outlook komprehensif ini terkait kondisi oversupply semen dan
strategi para pemain.
Riset Pasar dan Analisis Oversupply Semen (2016-2019)
ini dimulai dengan tren permintaan (demand) semen 2003-2016, dikaitkan
dengan kapasitas terpasang (instaled capacity), serta pertumbuhan
konsumsi. (halaman 2) Dengan melihat tren jangka panjang sejak 2003,
terlihat kapasitas semen domestik terus di atas tingkat konsumsi lokal,
sehingga Indonesia tidak defisit pasokan semen. Oversupply terjadi saat
pertumbuhan permintaan di bawah ekspektasi.
Pada halaman 3
ditampilkan grafis terkait proyeksi kondisi oversupply semen 2016-2020.
Pertumbuhan kapasitas terpasang semen akan terjadi paling tinggi pada
2017, sementara estimasi produksi riil akan menyesuaikan. Tingkat
permintaan semen diproyeksi tumbuh berkisar 4% (estimasi terendah), 6%
(estimasi moderat), dan 8% (estimasi tertinggi) periode 2016-2020.
Kondisi
oversupply semen juga dijabarkan lebih lanjut pada halaman 4 dengan
komparasi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia periode 1993-2015.
Duniaindustri.com membuat analisis eksklusif terkait kondisi oversupply
semen untuk proyeksi 2016-2017. (halaman 5-6)
Pada halaman 7,
dipaparkan faktor kunci pendorong tingkat permintaan (demand) semen di
Indonesia, antara lain anggaran infrastruktur, perumahan, potensi pasar,
serta bonus demografi penduduk kelas menengah. Pengembangan
proyek-proyek infrastruktur dijabarkan lebih detail pada halaman 8-9 dan
dilengkapi dengan korelasinya terhadap tingkat konsumsi semen per
kapita di Indonesia.
Pengaruh proyek infrastruktur terhadap
konsumsi semen juga terlihat dari perubahan porsi penjualan semen dari
kemasan zak (bag) kepada partai besar (bulk) periode 1997-2016. (halaman
11-12)
Riset Pasar dan Analisis Oversupply Semen (2016-2019)
ini juga dilengkapi dengan data peta persaingan merek semen per daerah,
market leader per daerah, serta perubahan dan pertumbuhannya hingga
2016. (halaman 13)
Pada halaman 14-20, dijelaskan strategi
market leader semen untuk mengatasi kondisi oversupply dan persaingan
yang makin ketat. Pada halaman 21 ditampilkan tingkat konsumsi semen di
negara-negara ASEAN. Riset ini juga dilengkapi dengan strategi pemain
dengan pangsa pasar kedua dan ketiga dalam menghadapi kondisi oversupply
semen di pasar lokal.
Riset Pasar dan Analisis Oversupply Semen (2016-2019)
sebanyak 32 halaman ini berasal dari riset duniaindustri.com dengan
dukungan data yang berasal dari Kementerian Perindustrian, Asosiasi
Semen Indonesia (ASI), BPS, Bank Dunia, dan sejumlah perusahaan semen di
Indonesia. Indeks data industri merupakan fitur terbaru di
duniaindustri.com yang menampilkan puluhan data pilihan sesuai kebutuhan
users. Seluruh data disajikan dalam bentuk pdf sehingga mudah
didownload setelah users melakukan proses sesuai prosedur, yakni klik
beli (purchase), klik checkout, dan isi form. Duniaindustri.com
mengutamakan keabsahan dan validitas sumber data yang disajikan. Terima
kasih.(*)
2) Riset Pasar dan Analisis Peta Persaingan Industri Semen (NEW Version)
ini dirilis per Juni 2016 menampilkan riset independen, data, analisis,
kajian, dan outlook secara komprehensif terkait seluruh informasi
mengenai peta persaingan di industri semen di Indonesia, mencakup
highlights dan profil ringkas pemain-pemain baru di industri ini sejak
2015-2017, tren permintaan/kebutuhan (demand) di pasar lokal,
perkembangan investasi atau ekspansi baru, hingga analisis prediksi
persaingan pangsa pasar pemain baru dan pemain existing, serta prospek
dan tantangan industi ini ke depan.
Data ini dimulai dengan
menampilkan highlights industri semen sejak 2014-2016, mencakup
kapasitas terpasang, kapasitas produksi, pertumbuhan pasar semen
domestik, utilisasi pabrik semen domestik, serta konsumsi domestik,
ekspor, dan impor. Kapasitas domestik pada 2015 dengan 9 pemain mencapai
80,4 juta ton. Tambahan kapasitas dari 4 pemain baru pada 2016 sebesar
8,7 juta ton menjadi 89,7 juta ton. (halaman 2)
Pada halaman 3
ditampilkan chart (infografik) terkait lokasi pabrik-pabrik pemain baru
dan pemain existing di industri semen. Data itu dijabarkan kembali pada
halaman 4 dengan tabel yang lengkap terkait kapasitas terpasang pemain
existing semen periode 2013-2017, terkait ekspansi pemain existing,
nilai investasi, kapasitas tambahan, kapasitas terpasang, dan jenis
proyek. Di samping itu, juga dijabarkan pemain baru 2013-2017 lengkap
dengan lokasi pabrik, kapasitas terpasang, nilai investasi, tahapan
operasional, serta mitra usaha dan jenis proyek.
Di halaman 4
ditampilkan tren pertumbuhan konsumsi semen domestik dan pangsa pasar
pemain-pemain existing periode 2014-2015 per daerah. Dengan hadirnya
pemain baru yang membangun pabrik baru, peta persaingan akan makin ketat
seperti ditampilkan pada halaman 5-6. Persaingan pangsa pasar semen di
Pulau Jawa ditampilkan lebih detail pada halaman 7. Di halaman 8-13
ditampilkan profil singkat pemain-pemain baru di industri semen
Indonesia, mencakup nama perusahaan, merek semen, tahun berdiri,
kapasitas produksi per tahun, hingga jaringan distribusi.
Di
halaman 14-18, duniaindustri.com secara eksklusif membuat kajian atau
analisis independen terkait peta persaingan dan proyeksi pangsa pasar
per daerah, serta strategi pasar dari pemain baru. Pulau Jawa dan Pulau
Kalimantan akan menjadi fokus persaingan pangsa pasar semen antara
pemain baru versus pemain existing.
Di halaman 19 ditampilkan
proyeksi pertumbuhan permintaan domestik, kapasitas produksi, kapasitas
terpasang, serta pergerakan laju perekonomian Indonesia periode
2014-2019. Di halaman 20-21 dijabarkan segmentasi pasar semen nasional
serta tren konsumsi semen per kapita di Indonesia.
Riset
ini diberi labe new version karena terdapat sejumlah pembaruan,
misalnya gambaran khusus (market intelligence) terhadap pemain baru yang
kinerjanya meroket, terutama karena pangsa pasarnya naik signifikan.
Pada halaman 23-24, ditampilkan hasil market intelligence dari
duniaindustri.com terhadap pemain baru semen yang berpotensi mengubah
pangsa pasar nasional.
Kemudian, hasil market intelligence itu
dikomparasi dengan strategi para market leader yang telah lebih dahulu
exist sehingga memberikan gambaran terhadap perkembangan masa depan.
Juga ditampilkan data market leader industri semen nasional, mulai dari
sejarah berdiri, kapasitas produksi, komposisi pemegang saham, anak
usaha, lokasi pabrik semen (cement mill, kiln, packing plant), strategi
ekspansi ke depan, volume penjualan dan kinerja keuangan.
Riset Peta Persaingan Industri Semen (NEW Version)
sebanyak 44 halaman ini berasal dari riset duniaindustri.com dengan
dukungan data yang berasal dari Kementerian Perindustrian, Asosiasi
Semen Indonesia (ASI), BPS, WHO dan Bank Dunia, dan sejumlah perusahaan
semen di Indonesia. Indeks data industri merupakan fitur terbaru di
duniaindustri.com yang menampilkan puluhan data pilihan sesuai kebutuhan
users. Seluruh data disajikan dalam bentuk pdf sehingga mudah
didownload setelah users melakukan proses sesuai prosedur, yakni klik
beli (purchase), klik checkout, dan isi form. Duniaindustri.com
mengutamakan keabsahan dan validitas sumber data yang disajikan. Terima
kasih atas kepercayaan Anda kepada duniaindustri.com.
Indeks
database industri merupakan fitur terbaru di duniaindustri.com yang
menampilkan puluhan data pilihan sesuai kebutuhan users. Seluruh data
disajikan dalam bentuk pdf sehingga mudah didownload setelah users
melakukan proses sesuai prosedur, yakni klik beli (purchase), klik
checkout, dan isi form. Duniaindustri.com mengutamakan keabsahan dan
validitas sumber data yang disajikan. Terima kasih atas kepercayaan Anda
kepada duniaindustri.com.(*)
3) Riset Peta Persaingan Industri Semen 2015-2017 (pemain existing versus pemain baru) ini menampilkan riset independen, data, analisis, kajian, dan outlook
secara komprehensif terkait seluruh informasi mengenai peta persaingan
di industri semen di Indonesia, mencakup highlights dan profil ringkas
pemain-pemain baru di industri ini sejak 2015-2017, tren
permintaan/kebutuhan (demand) di pasar lokal, perkembangan investasi
atau ekspansi baru, hingga analisis prediksi persaingan pangsa pasar
pemain baru dan pemain existing, serta prospek dan tantangan industi ini
ke depan.
Data ini dimulai dengan menampilkan
highlights industri semen sejak 2014-2016, mencakup kapasitas terpasang,
kapasitas produksi, pertumbuhan pasar semen domestik, utilisasi pabrik
semen domestik, serta konsumsi domestik, ekspor, dan impor. Kapasitas
domestik pada 2015 dengan 9 pemain mencapai 80,4 juta ton. Tambahan
kapasitas dari 4 pemain baru pada 2016 sebesar 8,7 juta ton menjadi 89,7
juta ton. (halaman 2)
Pada
halaman 3 ditampilkan chart (infografik) terkait lokasi pabrik-pabrik
pemain baru dan pemain existing di industri semen. Data itu dijabarkan
kembali pada halaman 4 dengan tabel yang lengkap terkait kapasitas
terpasang pemain existing semen periode 2013-2017, terkait ekspansi
pemain existing, nilai investasi, kapasitas tambahan, kapasitas
terpasang, dan jenis proyek. Di samping itu, juga dijabarkan pemain baru
2013-2017 lengkap dengan lokasi pabrik, kapasitas terpasang, nilai
investasi, tahapan operasional, serta mitra usaha dan jenis proyek.
Di
halaman 4 ditampilkan tren pertumbuhan konsumsi semen domestik dan
pangsa pasar pemain-pemain existing periode 2014-2015 per daerah. Dengan
hadirnya pemain baru yang membangun pabrik baru, peta persaingan akan
makin ketat seperti ditampilkan pada halaman 5-6. Persaingan pangsa
pasar semen di Pulau Jawa ditampilkan lebih detail pada halaman 7. Di
halaman 8-13 ditampilkan profil singkat pemain-pemain baru di industri
semen Indonesia, mencakup nama perusahaan, merek semen, tahun berdiri,
kapasitas produksi per tahun, hingga jaringan distribusi.
Di
halaman 14-18, duniaindustri.com secara eksklusif membuat kajian atau
analisis independen terkait peta persaingan dan proyeksi pangsa pasar
per daerah, serta strategi pasar dari pemain baru. Pulau Jawa dan Pulau
Kalimantan akan menjadi fokus persaingan pangsa pasar semen antara
pemain baru versus pemain existing.
Di halaman 19
ditampilkan proyeksi pertumbuhan permintaan domestik, kapasitas
produksi, kapasitas terpasang, serta pergerakan laju perekonomian
Indonesia periode 2014-2019. Di halaman 20-21 dijabarkan segmentasi
pasar semen nasional serta tren konsumsi semen per kapita di Indonesia.
Riset Peta Persaingan Industri Semen 2015-2017
sebanyak 23 halaman ini berasal dari riset duniaindustri.com dengan
dukungan data yang berasal dari Kementerian Perindustrian, Asosiasi
Semen Indonesia (ASI), BPS, WHO dan Bank Dunia, dan sejumlah perusahaan
semen di Indonesia.(*)
4) Data dan Outlook Industri Semen 2003-2019
ini menampilkan data dan outlook secara komprehensif terkait seluruh
informasi mengenai industri semen di Indonesia, mulai dari tren
pertumbuhan pasar semen di Indonesia, pangsa pasar, kompetisi pasar,
pemain baru dan ekspansi pemain existing, segmentasi pasar, harga jual
rata-rata semen, pasar semen Asean (supply-demand), hingga pemimpin
pasar, para pemain terbesar, strategi ekspansi ke depan, serta kinerja
keuangan para pemain semen di negeri ini.
Data
ini dimulai dari informasi umum terkait perkembangan Indonesia, mulai
dari proyeksi pertumbuhan ekonomi periode 2014-2019, jumlah penduduk,
segmentasi penduduk, dan peluang pasar di Indonesia (halaman 2).
Selanjutnya, ditampilkan tren pertumbuhan infrastruktur sebagai salah
satu penyerap semen terbesar, mulai dari anggaran belanja infrastruktur
2015-2019 (halaman
3). Juga, pertumbuhan infrastruktur jalan
(roads) dan pelabuhan (ports) di Indonesia dibanding negara-negara Asean
serta China, Taiwan, Jepang, dan Korea (halaman 4). Indonesia masih
dikategorikan kurang belanja infrastruktur (underspending on
infrastucture development). Meski anggaran infrastruktur Indonesia
meningkat hingga di atas 2% dari PDB dari 1,7% pada 2011, dana tersebut
masih relatif rendah dibanding kompetitor dengan rata-rata 4,1%. Selain
itu ditampilkan proyek-proyek infrastruktur yang sedang dilakukan
pemerintah hingga 2019 (halaman 5).
Di halaman 6,
secara khusus ditampilkan tren kapasitas terpasang, kapasitas produksi,
pertumbuhan pasar industri semen sejak 2014-2019. Semen kantong
mendominasi pasar pengguna semen dengan komposisi 90% untuk perumahan
dan 10% semen untuk industri, sedangkan semen curah mendominasi 23,3% di
antaranya beton jadi (infrastruktur) 60%, beton pracetak, semen fiber,
dan paving 35%, mortar dan render 5%. Ikut ditampilkan perbandingan
konsumsi semen domestik, pertumbuhan konsumsi, serta kapasitas domestik
semen periode 2003-2015 di halaman 8.
Di halaman 9,
ditampilkan pertumbuhan konsumsi semen per kapita yang tumbuh dari 172
kilogram per kapita pada 2010 menjadi 238 per kapita pada 2015. Di
halaman 10, dijabarkan rasio konsumsi semen dan pertumbuhannya terhadap
laju ekonomi nasional periode 2002-2015. Di halaman 11, ditampilkan
rasio konsumsi semen kantong dan semen curah periode 1997-2015.
Selanjutnya,
pada halaman 12 ditampilkan pangsa pasar produsen semen per daerah. Di
halaman 13, pangsa pasar tersebut dijabarkan secara lebih detail per
daerah dan per pulau di Indonesia.
Kemudian di halaman 14,
ditampilkan kapasitas semen beserta lokasi pabrik masing-masing
produsen. Pada 2015, kapasitas semen domestik mencapai 80,4 juta ton,
dan diperkirakan naik menjadi 89,7 juta ton pada 2016 dengan tambahan
pabrik dari Semen Merah Putih, Anhui Conch, Siam Cement, dan Semen Pan
Asia. Penambahan kapasitas produksi dari pemain baru dijelaskan lebih
detail pada halaman 15 dengan total penambahan 9 pemain baru dan 6
ekapnsi dari pemain existing. Dengan adanya penambahan kapasitas pabrik
baru, kompetisi pasar semen lokal makin ketat seperti ditampilkan pada
halaman 16. Tidak heran jika produsen semen lokal mulai melirik pasar
semen di ASEAN yang ikut dijelaskan pada halaman 17.
Pada
halaman 18 mulai ditampilkan data market leader industri semen
nasional, mulai dari sejarah berdiri, kapasitas produksi, komposisi
pemegang saham, anak usaha, lokasi pabrik semen (cement mill, kiln,
packing plant), strategi ekspansi ke depan, volume penjualan dan kinerja
keuangan. Juga ikut ditampilkan struktur beban produksi (beban
pabrikasi) produsen semen serta harga jual rata-rata semen. Data
sebanyak 48 halaman ini berasal dari BPS, Kementerian Perindustrian,
Asosiasi Semen Indonesia (ASI), sejumlah perusahaan semen di Indonesia,
dan diolah duniaindustri.com.(*)
5) Data Investasi Baru, Kapasitas, serta Tren Penjualan Semen 2013-2017
ini menampilkan tren investasi baru dan investasi tambahan produsen
semen 2013-2017. Menurut data ini, total investasi tambahan dari
produsen semen existing senilai US$ 4,13 miliar periode 2013-2017 dengan
total rencana kapasitas 36,2 juta ton. Sementara rencana investasi
pemain baru dari 9 produsen senilai US$ 4,47 miliar dengan total
kapasitas 40,3 juta ton periode 2013-2017. Selain itu, ditampilkan
komparasi konsumsi semen per kapita di Indonesia 2013 sebesar 229
kilogram, dibanding negara tetangga. Juga dipaparkan populasi distribusi
penjualan semen berdasarkan daerah di Indonesia, Pulau Jawa menyerap
semen sebesar 57,5%, disusul Sumatera 21,3%, dan daerah lainnya. Data
berjumlah 29 halaman ini berasal dari Kementerian Perindustrian,
Asosiasi Semen Indonesia, serta sejumlah produsen semen terbesar di
Indonesia.(*)
6) Data Industri Semen di Asia Tenggara, Pangsa Pemain, dan Pertumbuhan Pasar
ini menampilkan perbandingan kapasitas produsen semen di Asia Tenggara
(7 negara) dan pangsa pasarnya. Di 7 negara Asia Tenggara, terdapat 7
pemain besar yang menguasai 99% pasar. Holcim sebelum merger dengan
Lafarge memiliki kapasitas 41,9 juta ton di Asia Tenggara dan memiliki
basis produksi di Indonesia (9,9 juta ton), Malaysia (1,2 juta ton),
Filipina (9,1 juta ton), Thailand (16,5 juta ton), serta Vietnam (5,2
juta ton). Disusul PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) yang memiliki
kapasitas 31,8 juta ton terdiri atas di Indonesia (29,5 juta ton) dan
Vietnam (2,3 juta ton).
Siam Cement
menguasai 23,5 juta ton kapasitas dari Thailand (23 juta ton) dan
Kamboja (0,5 juta ton). Lafarge memiliki kapasitas 21,1 juta ton di Asia
Tenggara, yakni Indonesia (1,6 juta ton), Malaysia (12,5 juta ton),
Filipina (6,5 juta ton), dan Vietnam (0,5 juta ton). Sedangkan
Heidelberg menguasai 21,05 juta ton kapasitas di Asia Tenggara terdiri
dari Indonesia (20,5 juta ton) dan Brunei (0,55 juta ton). Selain itu,
ditampilkan data pertumbuhan pasar semen Indonesia serta pangsa pasar
pemain lokal, yakni Semen Indonesia, Indocement, Holcim, Semen Bosowa,
Semen Andalas, Semen Baturaja, dan Semen Kupang. Data sebanyak 25
halaman ini berasal dari salah satu penguasa pasar semen di Asia
Tenggara diolah duniaindustri.com.(*)
7) Data Komparasi Konsumsi Semen dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (10 tahun terakhir)
ini menampilkan pertumbuhan konsumsi semen di Indonesia sepuluh tahun
terakhir dikomparasikan dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Data ini
berasal dari Asosiasi Semen Indonesia (ASI) dan lembaga pemerintah
terkait.(*)
8) Strategi Ekspansi dan Kapasitas Produksi BUMN Semen Terbesar (1957-2015). Data ini menggambarkan desain kapasitas dan strategi ekspansi BUMN semen periode 1957-2015.(*)
9) Kajian Komprehensif Tiga Pemimpin Pasar Semen Indonesia.
Kajian mencakup design capacity, domestic growth, utilization, supply,
market by geography, kinerja penjualan dan margin keuntungan. Periode
lima tahun terakhir.(*)
Sumber: di sini
* Butuh data yang lebih spesifik, ingin request data/riset, klik di sini
menarik juga nih
BalasHapus