Industri makanan dan minuman (consumer goods) saat ini merupakan penyumbang kontribusi
terbesar terhadap pertumbuhan industri manufaktur nasional. Dengan
peran yang begitu besar, tidak heran industri ini menjadi salah satu
andalan ekonomi nasional.
Untuk membedah pertumbuhan, pangsa pasar, serta persaingan pasar di industri makanan dan minuman, duniaindustri.com memiliki sedikitnya 5 data dan riset khusus di industri ini. Mari kita simak ulasannya berikut ini:
1) Riset Komprehensif Industri Susu Olahan 2013-2016
2) Data dan Outlook Industri Susu & Teh Siap Minum 2013-2016
3) Data dan Outlook Industri Consumer Goods 2016
4) Data Industri Makanan-Minuman dan Program Hilirisasi
5) Data Konsumsi dan Impor Susu di Indonesia (periode lima tahun terakhir)
Berikut ini Ulasannya:
A) Riset Komprehensif Industri Susu Olahan 2013-2016
ini menampilkan data dan outlook secara komprehensif terkait seluruh
informasi mengenai industri susu olahan di Indonesia, mencakup
pengelompokan industri dan pohon industri susu dari hulu-antara-hilir,
segmentasi industri susu cair, tren konsumsi dan pertumbuhan volume
produk susu, nilai penjualan produk susu, ukuran pasar (market size)
industri susu nasional, hingga pangsa pasar susu cair, susu bubuk, susu
ultra high temperature (UHT), susu fermentasi, susu pasteurisasi
(sterilisasi), yoghurt, keju olahan, serta tantangan dan peluang industi
ini ke depan.
Riset
ini dimulai dengan menampilkan pengelompokan industri susu dari hulu
(susu segar), industri antara (susu pasteurisasi, susu UHT, susu
fermentasi), hingga industri hilir (susu bubuk, susu kental manis,
makanan bayi dari susu, keju, mentega, es krim, dan yoghurt) dilengkapi
pohon industri susu secara lengkap. (halaman 2-3)
Di halaman 4-5
ditampilkan segmentasi industri susu cair dan susu bubuk terhadap total
pasar. Pertumbuhan volume konsumsi produk susu periode 2008-2018
(forecast) ditampilkan pada halaman 6, serta tren penjualan produk susu
periode 2008-2018 dipaparkan pada halaman 7.
Di halaman 8-9
ditampilkan perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam industri
pengolahan susu, lengkap dengan lokasi pabrik dan produk-produk yang
dihasilkan. Terdapat 48 perusahaan di kategori industri pengolahan susu
yang memproduksi susu segar, susu bubuk, susu UHT, susu steril, susu
pasteurisasi, susu kental manis, susu formula, susu kemasan, ice cream,
yoghurt, acidified milk drink, mentega, kopi instan, caramel, dan
makanan bayi.
Pada halaman 9, pembahasan masuk pada segmen susu
bubuk, mengulas pangsa pasar susu bubuk periode 2011-2013. Terdapat
pergerakan pangsa pasar yang cukup signifikan untuk 10 perusahaan
pemimpin pasar susu bubuk di Indonesia. Secara khusus, di halaman 10-11,
duniaindustri.com membuat riset terkait pangsa pasar susu bubuk di
Indonesia untuk 2014-2015. Pada halaman 13, dipaparkan pertumbuhan pasar
produk susu bubuk di Indonesia secara volume dan nilai. Di halaman 14,
duniaindustri.com membuat riset dan estimasi terkait pasar susu bubuk
pada 2015 dan 2016.
Kategori susu cair dibahas secara
komprehensif di halaman 15-16, mencakup pertumbuhan volume pasar, market
size, dan tren pertumbuhan dari 2013-2016. Demikian juga susu UHT
dibahas secara lengkap di halaman 17, mencakup pangsa pasar market
leader, nilai pasar, serta pertumbuhan volume. Susu fermentasi juga
dibahas secara khusus pada halaman 18, susu pasteurisasi di halaman 19,
yoghurt cream dan drink di halaman 20-21, serta keju olahan pada halaman
22.
Riset ini juga dilengkapi dengan data produksi susu segar,
impor susu, konsumsi bahan baku susu, serta pergerakan tren konsumsi
susu di Indonesia. Ditambah dengan kapasitas terpasang, produksi, dan
konsumsi susu cair, susu kental manis, susu bubuk.
Riset data industri sebanyak 29 halaman ini
berasal dari BPS, WHO dan Bank Dunia, Kementerian Perindustrian,
Kementerian Pertanian, dan sejumlah perusahaan susu di Indonesia, diolah
duniaindustri.com.
Indeks data industri merupakan fitur terbaru
di duniaindustri.com yang menampilkan puluhan data pilihan sesuai
kebutuhan users. Seluruh data disajikan dalam bentuk pdf sehingga mudah
didownload setelah users melakukan proses sesuai prosedur, yakni klik
beli (purchase), klik checkout, dan isi form. Duniaindustri.com
mengutamakan keabsahan dan validitas sumber data yang disajikan. Terima
kasih atas kepercayaan Anda kepada duniaindustri.com.(*)
B) Data dan Outlook Industri Susu & Teh Siap Minum 2013-2016
ini menampilkan data dan outlook secara komprehensif terkait seluruh
informasi mengenai industri susu bubuk, susu cair (ultra high
temperatures/UHT), serta teh siap minum (ready to drink tea/RDT) di
Indonesia, mulai dari tren pertumbuhan pasar, tren permintaan/demand,
nilai pasar (market size) tiga tahun terakhir dan proyeksi 2016, hingga
produsen terbesar di Indonesia, strategi ekspansi ke depan, serta
kinerja keuangan para pemain di industri ini.
Data
ini dimulai dengan menampilkan tren pertumbuhan ekonomi Indonesia
periode 2014-2019 (estimasi), kondisi perilaku konsumen di Indonesia
dari total jumlah penduduk 252 juta jiwa, dengan jumlah konsumen kelas
menengah hampir 50% yang berada di bawah umur 30 tahun. PDB per kapita
Indonesia US$ 3.500 melampaui negara pesaing di Asean seperti Filipina
dan Vietnam. Jumlah rumah tangga di Indonesia dengan anggaran belanja
tahunan berkisar US$ 5.000-US$ 15.000 diperkirakan meluas dari 36% pada
saat ini menjadi 58% pada 2020. Lebih dari 60 juta penduduk
berpenghasilan rendah diproyeksikan bergabung dengan kelas menengah di
dekade mendatang, dan mendorong permintaan konsumen semakin kuat. Total
pasar industri consumer goods di Indonesia pada 2030 diperkirakan US$
810 miliar. (halaman 2-3)
Data ini juga menjabarkan pertumbuhan
rata-rata per tahun minuman diperkirakan tumbuh rata-rata 12% per tahun.
Pertumbuhan yang tinggi diperkirakan terjadi untuk produk ready to
drink (RTD) coffee (18,8%), fruit/vegetable juice (15,6%), sports and
energy drink (14,8%), dan RTD tea (13,7%). (halaman 5-7)
Selain
itu, data ini menampilkan ukuran pasar (market size) industri susu cair
periode 2013-2015, konsumsi per kapita, karakteristik utama di industri
susu cair. Secara khusus, Duniaindustri membuat riset proyeksi market
size industri susu cair pada 2016, pertumbuhan volume penjualan, serta
pangsa pasar 8 pemain di Indonesia. (halaman 8-9)
Demikian juga
di industri susu bubuk, data ini menampilkan ukuran pasar (market size)
serta pertumbuhannya, dan pangsa pasar 11 pemain utama di Indonesia.
(halaman 9)
Di samping itu, data ini juga menampilkan ukuran
pasar (market size) serta pertumbuhan industri teh siap minum (ready to
drink tea/RDT) periode 2013-2016, pangsa pasar 5 pemain utama, serta
karakteristik (tren) yang berkembang. (halaman 10)
Pada halaman
12-24, ditampilkan data pemimpin pasar (market leader) di segmen susu
cair ultra high temperature (UHT) dan RTD kemasan di Indonesia, profil
singkat, komposisi lini usaha per perusahaan, jaringan distribusi,
strategi ekspansi, pangsa pasar per produk, serta kinerja keuangan.
Data sebanyak 25 halaman ini
berasal dari BPS, WHO dan Bank Dunia, Kementerian Perindustrian, dan
sejumlah perusahaan susu bubuk, susu cair, dan minuman teh siap saji di
Indonesia, diolah duniaindustri.com.
Indeks data industri
merupakan fitur terbaru di duniaindustri.com yang menampilkan puluhan
data pilihan sesuai kebutuhan users. Seluruh data disajikan dalam bentuk
pdf sehingga mudah didownload setelah users melakukan proses sesuai
prosedur, yakni klik beli (purchase), klik checkout, dan isi form.
Duniaindustri.com mengutamakan keabsahan dan validitas sumber data yang
disajikan. Terima kasih atas kepercayaan Anda kepada
duniaindustri.com.(*)
C) Data dan Outlook Industri Consumer Goods 2016
ini menampilkan pasar industri consumer goods di Indonesia dengan
penduduk sebesar 252 juta jiwa, 50% di antaranya merupakan usia
produktif. PDB per kapita Indonesia US$ 3.500 melampaui negara pesaing
di Asean seperti Filipina dan Vietnam. Jumlah rumah tangga di Indonesia
dengan anggaran belanja tahunan berkisar US$ 5.000-US$ 15.000
diperkirakan meluas dari 36% pada saat ini menjadi 58% pada 2020. Lebih
dari 60 juta penduduk berpenghasilan rendah diproyeksikan bergabung
dengan kelas menengah di dekade mendatang, dan mendorong permintaan
konsumen semakin kuat. Total pasar industri consumer goods di Indonesia
pada 2030 diperkirakan US$ 810 miliar.
Data
ini juga menjabarkan pertumbuhan rata-rata per tahun pasar makanan
dalam kemasan dan minuman ringan selama 2013-2017 akan berada di atas
angka 10%. Secara keseluruhan, packaged food selama periode tersebut
akan tumbuh rata-rata 12,6% per tahun. Beberapa jenis makanan yang
identik dengan lifestyle masyarakat middle class income diperkirakan
tumbuh lebih tinggi, di antaranya canned/preserved food (16,7%), frozen
processed food (16,6%), ice cream (18%), dan noodles (13,5%).
Sementara
itu, minuman ringan diperkirakan tumbuh rata-rata 12% per tahun.
Pertumbuhan yang tinggi diperkirakan terjadi untuk produk ready to drink
(RTD) coffee (18,8%), fruit/vegetable juice (15,6%), sports and energy
drink (14,8%), dan RTD tea (13,7%).
Secara special, Duniaindustri.com membuat riset pertumbuhan pasar consumer goods dari 2009 ke 2015,
khusus untuk sejumlah produk antara lain: biskuit dan wafer, mi instan,
snack, jeli, permen, roti, minuman berenergi, minuman isotonik, sirup,
teh siap saji, kopi siap saji, jus, susu siap saji, minuman
berkarbonasi, minuman sari buah, air minum dalam kemasan.
Data sebanyak 15 halaman pdf ini
berasal dari berbagai sumber antara lain asosiasi industri, lembaga
riset dunia, dan BPS. Download database industri merupakan fitur terbaru
di duniaindustri.com yang menampilkan puluhan data pilihan sesuai
kebutuhan users. Seluruh data disajikan dalam bentuk pdf sehingga mudah
didownload setelah users melakukan proses sesuai prosedur, yakni klik
beli (purchase), klik checkout, dan isi form. Duniaindustri.com mengutamakan keabsahan dan validitas sumber data yang disajikan. Terima kasih atas kepercayaan Anda kepada duniaindustri.com.(*)
D) Data Industri Makanan-Minuman dan Program Hilirisasi
ini menampilkan kinerja pertumbuhan industri makanan-minuman 2006-2013,
jumlah perusahaan, nilai investasi, jumlah tenaga kerja, dan kapasitas
produksi. Selan itu, tren hilirisasi industri kelapa sawit, kakao, gula
sebagai bahan baku industri makanan minuman. Data
ini juga menampilkan berbagai regulasi terbaru terkait industri
makanan-minuman. Data berisi 23 halaman ini dibuat oleh Kementerian
Perindustrian dan diolah duniaindustri.com.(*)
E) Data Konsumsi dan Impor Susu di Indonesia (periode lima tahun terakhir)
ini menampilkan pertumbuhan konsumsi dan impor susu di Indonesia
periode lima tahun terakhir. Data ini berasal dari asosiasi industri,
BPS, kementerian terkait.(*)
Sumber: klik di sini
Butuh data lebih spesifik, ingin request data/riset, klik di sini
Butuh content provider profesional, klik di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar