Kamis, 29 Oktober 2015

Antara Investasi, Industri, dan Aplikasi


Selamat datang kembali pengunjung. Setelah membahas soal investasi terutama private fund, kali ini kita akan mengulas keterkaitan antara investasi dengan industri, distribusi, dan aplikasi.

Mengapa itu semua terkait? Karena jika dirunut satu per satu, akan terbentuk pola lingkaran utuh.

Investasi membutuhkan landasan (underlying) aset produktif yang umumnya berbentuk industri. Di sisi lain, industri membutuhkan distribusi, aplikasi, dan investasi untuk terus berkembang.

Inilah mata rantai industri yang bisa mempercepat profitisasi. Kita sebut saja the next generation of industrial super cycle.

Distribusi dan aplikasi dibutuhkan terutama sebagai penghubung antara industri dan konsumen. Dengan demikian tampak jelas alur produk dari mulai hulu hingga hilir.

Dengan adanya era digitalisasi, distribusi yang dahulu dilakukan secara konvensional sedikit demi sedikit bergeser ke arah aplikasi. Penetrasi internet yang diperluas oleh media sosial seakan menyebarkan virus aplikasi dengan kecepatan tinggi.

Kata 'kecepatan' menjadi inti dari lingkaran mata rantai industri ini. Siapa yang paling cepat menggerakkan lingkaran ini dapat memenangkan persaingan di pasar.(*) #shareIdea #wildestDream


Tidak ada komentar:

Posting Komentar