Rabu, 02 Maret 2016

Fenomena PHK Tenaga Kerja, Go-Jek, dan Kondisi Industri

Terhenyak membaca pasukan pengendara Go-Jek mencapai 250 ribu orang dan terus bertambah. Dengan jumlah seperempat juta jiwa, mungkin perusahaan berbasis aplikasi ini menjadi salah satu dengan jumlah tenaga kerja terbesar di Indonesia.

Memang harus diakui, era digitalisasi masih terus booming secara global. Dan di tengah perlambatan ekonomi dunia, kejatuhan harga komoditas, serta perang mata uang, bisnis online menjadi salah satu pergeseran arus besar yang dimungkinkan.

Namun, pergeseran yang drastis, bahkan terkesan super fast, ini justru menimbulkan pertanyaan besar.

Mengapa terjadi pergeseran tenaga kerja sekitar 250 ribu orang ke aplikasi online? Apa faktor pendorongnya? Apakah memang lapangan kerja di industri lain sedang anjlok atau itu hanya motivasi pribadi seperti pendapatan yang lebih besar?

Jika menilik kondisi dan kinerja industri di Indonesia belakangan ini, patut disadari tekanan berat makin menerpa. Dari mulai perlambatan ekonomi, penurunan daya beli konsumen, fluktuasi kurs dan harga bahan baku, perang melawan produk impor, industri terutama komoditas dan manufaktur mulai terjun bebas.

Akibatnya, industri yang tidak kuat bersaing harus menerapkan efisiensi, entah itu mengurangi tenaga kerja, menurunkan produksi, hingga mengorbankan profit.

Sebut saja, raksasa otomotif seperti Ford dan GM hingga prinsipal elektronik semacam Toshiba dan Panasonic harus menelan pil pahit: mengurangi tenaga kerja. Belum lagi Chevron, United Tractors, dan entah berapa banyak pemain industri kecil dan menengah yang melakukan hal serupa.

Padahal, lapangan kerja dibutuhkan untuk memutar roda perekonomian secara nasional. Bagaimana bisa suatu daerah dapat menggerakkan ekonominya jika tidak tersedia lapangan kerja yang cukup?

Jika itu yang terjadi, daerah tersebut hanya akan menjadi 'parasit' bagi daerah lain, tanpa mampu mandiri menghidupi kebutuhannya sendiri.

Dari uraian di atas, sedikitnya ada dua pekerjaan rumah yang mesti dibenahi semua pihak. Pertama, dari sisi industri perlu dibenahi secara radikal. Perlu usaha lebih keras untuk menghidupkan kembali industri yang berdaya saing dan mampu menyerap tenaga kerja. Pemerintah sebenarnya telah memiliki rencana tapi dibutuhkan terobosan lebih kuat.

Kedua, menumbuhkan daya beli konsumen agar pasar lokal kembali bergairah.

Harus disadari, lapangan kerja sangat dibutuhkan oleh generasi selanjutnya untuk menata kembali kehidupan yang lebih baik.(*)

Sumber selengkapnya di sini

2 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  2. Halo, ini adalah PATRICIA BERTHA PINJAMAN PERUSAHAAN. Dalam Perusahaan ini kami memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup.
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal.
    untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
    Hari ini, kita mengatakan berhenti dan mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
    untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2% .Kami ingin menggunakan ini
    media untuk memberitahu Anda semua bahwa kami membuat handal dan penerima bantuan dan
    akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Kami adalah kesetiaan, kita terus kata dan janji-janji kita. Jadi hubungi kami hari ini via email:
    Patriciaberthaloancompany@gmail.com

    Data peminjam

     1) Nama Lengkap: ......................................................
     2) Negara: .........................................................
     3) Alamat: .........................................................
     4) Negara: ............................................................
     5) Sex: ...............................................................
     6) Status Pernikahan: .............................................
     7) Pekerjaan: ...................................................
     8) Nomor Telepon: ................................................
     9) posisi Saat ini di tempat kerja: ...................................................
     10) Pendapatan Bulanan: .............................................
     11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .................................
     12) Pinjaman Durasi: ................................................
     13) Tujuan Pinjaman: ..........................................
     14) Agama: ......................................................
     15) Apakah Anda sudah menerapkan sebelumnya: ...................................................
     16) mata uang yang dipilih: ...................................................

     Terima kasih,
     
    mrs Bertha

    BalasHapus