Kamis, 02 Maret 2017

Kompetisi Pemasaran dan Persaingan Pasar Rokok per Brand

Industri rokok di Indonesia terbilang unik. Di tengah derasnya gaung aktivis kesehatan, industri rokok di negeri ini tetap bertahan. Bahkan pada 2015, industri rokok memberikan sumbangan cukai terbesar, yaitu sebesar Rp139,5 triliun dari jumlah capaian cukai sebesar Rp144,6 triliun.

Untuk mengetahui seluk beluk industri rokok, seputar tren produksi, konsumsi, persaingan pangsa pasar, persaingan penjualan per brand, strategi pemasaran, duniaindustri.com memiliki database yang cukup lengkap untuk membahasnya.

Duniaindustri.com memiliki database yang terus diupdate untuk memotret pertumbuhan secara komprehensif guna mendukung perkembangan di masa depan. Salah satu database andalan duniaindustri.com adalah Riset Tren Produksi Market Leader Rokok 2005-2016 (Kompetisi Pasar dan Tren konsumsi Rokok).

Untuk mengetahui isinya secara lengkap, mari kita lihat bersama-sama:
1. Sampul Depan
2. tabel pertumbuhan ekonomi Indonesia periode 2014-
2019, highight ringkas, dan tren inflasi periode 2000-oktober 2015
3. tabel potensi consumer market di Indonesia saat ini dan 2030
4. tabel proyeksi populasi di Indonesia periode 2010-
2019, PDB nominal, PDB nominal per kapita, laju urbanisasi, konsumen kelas menengah atas (jumlah), konsumen kelas menengah atas (persen)
5. tren produksi dan pertumbuhan rokok periode 2005-2015, sumber riset pasar duniaindustri.com
6. estimasi produksi dan pertumbuhan rokok periode 2016, sumber riset pasar duniaindustri.com
7. tren produksi 7 perusahaan rokok (market leader) periode 2005-2010, sumber riset pasar duniaindustri.com.
8. tren produksi 7 perusahaan rokok (market leader) periode 20011-2016, sumber riset pasar duniaindustri.com.
9. komparasi konsumsi dan produksi rokok di Indonesia periode 2013-2015
10. ada tiga tabel: Pertama, volume produksi perusahaan rokok dengan pangsa pasar terbesar 2011-YTD September 2015. Kedua: jumlah perusahaan, produksi, dan nilai cukai periode 2007-2011. Ketiga, nilai pasar industri rokok periode 2014-2016
11. tren pasar rokok per segmen (SKM, SKT, dan SPM) periode 2014, 2015, Q1 2016
12. ada dua tabel; pertama, konsumsi rokok di Indonesia 2006-2012. Kedua: harga rata-rata rokok di asia tenggara
13. tren pertumbuhan volume produksi rokok secara segmen (SKM, SKT, dan SPM) periode 2005-2011
14. tren pangsa pasar rokok di Indonesia periode 1979, 1989, 1998, 2005, 2010, YTD 2015 (dua tabel) disertai analisis duniaindustri.com
15. tren pangsa pasar rokok di indonesia periode 1997, 1998, 1999, 2000, 2001, 2002, 2003, YTD Agustus 2004
16. Analisis persaingan pangsa pasar, sumber duniaindustri.com
17. Jumlah perokok di Indonesia 1995-2010, jumlah perokok periode 2011-2016, sumber estimasi duniaindustri.com
18. Genre perokok (pria/wanita), periode 2000-2012, dan persentase komposisi pria perokok dan pria tidak perokok, demikian juga wanita
19. ekspor-impor rokok berdasarkan nomor HS tertentu periode 2008-2011,
20. market leader brand rokok periode 2014-2015
21. strategi pasar market leader rokok di Indonesia
22. tren pangsa pasar market leader rokok di Indonesia periode q12015, q2 2015, q3 2015, q4 2015, q1 2016
23. komparasi volume produksi dan pangsa pasar market leader periode 2014-2015
24. pangsa pasar segmen SKM market leader per brand periode 2014, 2015, q1 2015, dan q1 2016
25. pangsa pasar seluruh segmen SKM, SKT, dan SPM market leader periode 2014, 2015, dan q1 2016
26. pangsa pasar 10 brand terbesar rokok di Indonesia periode januari-september 2015
27. pangsa pasar per brand periode 2012-2014 dan YTD september 2015,
28. grafis informasi umum fasilitas produksi, jumlah pekerja market leader rokok
29. bagan jaringan distribusi market leader rokok
30-31. kinerja keuangan market leader
32. strategi peningkatan profit market leader
33-35. informasi produksi, kinerja keuangan second market leader
36. informasi pertumbuhan produksi market leader nomor 4
37-44 informasi umum profil, kapasitas produksi, dll market leader keenam di Indonesia
45. sampul penutup.


Riset Tren Produksi Market Leader Rokok 2005-2016 (Kompetisi Pasar dan Tren Konsumsi Rokok) ini dirilis November 2016 menampilkan riset independen, data komprehensif, analisis, serta kompetisi pangsa pasar di industri rokok di Indonesia. Pembahasan dilakukan secara detail mulai dari tren volume produksi enam perusahaan terbesar, nilai pasar industri, jumlah perusahaan, tren konsumsi rokok, jumlah perokok, segmentasi perokok, serta harga rata-rata rokok di Asia Tenggara.

Riset Tren Produksi Market Leader Rokok 2005-2016 (Kompetisi Pasar dan Tren Konsumsi Rokok) dimulai dengan dengan menampilkan highlights ekonomi serta pasar Indonesia, dilengkapi tren konsumen dan tingkat daya beli, serta segmentasi konsumen kelas menengah di Indonesia. (halaman 2-4)

Kemudian, masuk ke pembahasan inti dari riset ini yakni tren produksi rokok di Indonesia periode 2005-2016 (halaman 5-6). Lebih spesifik, riset ini menampilkan tren produksi rokok dari enam perusahaan pemimpin pasar periode 2005-2016 (halaman 7-8).

Data tersebut diperkuat dengan komparasi antara produksi dan konsumsi rokok di Indonesia periode 2013-2015 (halaman 9). Juga, data tersebut dilengkapi dengan tren produksi industri periode 2011-2015, nilai pasar (market size) industri rokok 2014-2016, serta perkembangan jumlah, produksi, dan cukai rokok 2007-2011 pada halaman 10.

Tren pasar rokok juga dibedah secara lebih detail untuk melihat perubahan segmen sigaret putih mesin (SPM), sigaret kretek tangan (SKT), dan sigaret kretek mesin (SKM) periode 2014-2016 pada halaman 11. Selanjutnya, tren konsumsi rokok disajikan dengan tabel yang menarik untuk periode 2006-2013 serta harga rata-rata rokok di Asia Tenggara periode 2014, pada halaman 12. Tren pertumbuhan volume rokok nasional juga dipaparkan lebih detail pada halaman 13, dengan penjabaran per segmen rokok.

Beralih ke pembahasan kompetisi pasar, pada halaman 14-16 dijabarkan tren pemimpin pasar industri rokok Indonesia sejak 1979-2015 beserta analisisnya. Tahun 2005 merupakan tahun bersejarah bagi industri rokok karena terjadi pergeseran market leader di industri ini.

Pada halaman 17 dijabarkan jumlah perokok di Indonesia periode 1995-2016, posisi jumlah konsumen rokok di Indonesia di antara negara-negara di dunia. Data itu diperkuat dengan tren proporsi genre konsumen perokok (pria dan wanita) dikaitkan dengan tren pertumbuhan penduduk berdasarkan kelamin pada halaman 18. Pada halaman 19 ditampilkan ekspor-impor rokok berdasarkan nomor HS periode 2008-2011.

Beranjak ke pembahasan market leader brand rokok, riset ini menampilkan tren pangsa pasar rokok per merek periode 2012-2015 halaman 20-27. Pembahasan market intelligence terkait jaringan distribusi dan strategi distribusi market leader dipaparkan pada halaman 28-29. Kinerja keuangan market leader ditampilkan pada halaman 30-32.

Market intelligence juga ditampilkan untuk tiga perusahaan rokok penguasa pasar terkait kinerja pangsa pasar (market share), tren produksi, kinerja keuangan, dan jaringan distribusi pada halaman 33-44.

Riset Tren Produksi Market Leader Rokok 2005-2016 (Kompetisi Pasar dan Tren Konsumsi Rokok) sebanyak 45 halaman ini berasal dari BPS, Kementerian Perindustrian, Gabungan Pabrik Rokok Indonesia (Gappri), sejumlah perusahaan rokok di Indonesia, dan diolah duniaindustri.com. Download database industri merupakan fitur terbaru di duniaindustri.com yang menampilkan puluhan data pilihan sesuai kebutuhan users. Seluruh data disajikan dalam bentuk pdf sehingga mudah didownload setelah users melakukan proses sesuai prosedur, yakni klik beli (purchase), klik checkout, dan isi form. Duniaindustri.com mengutamakan keabsahan dan validitas sumber data yang disajikan. Terima kasih atas kepercayaan Anda kepada duniaindustri.com.(*)

Sumber: di sini
* Butuh riset pasar atau data industri lainnya, total 130 database, klik di sini
** Butuh copywriter andal, klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar