Rabu, 27 Mei 2020

17.109 Izin Operasional Industri Topang Pemulihan Pasca Pandemi

Pandemi Covid-19 telah membawa keterpurukan bagi sejumlah sektor usaha, termasuk industri manufaktur nasional. Untuk mengatasi hal itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menerbitkan 17.109 Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) bagi industri di tengah pandemi Covid-19. Pemerintah berharap dengan semakin banyaknya industri memperoleh IOMKI, aktivitas industri manufaktur mulai pulih kembali dari keterpurukan akibat dampak wabah Covid-19.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengapresiasi perusahaan yang telah memegang IOMKI karena mengikuti dan melaksanakan aturan yang ditetapkan pemerintah untuk mencegah wabah menyebar di tengah aktivitas industri.

Dia menegaskan bahwa industri atau perusahaan yang sudah mengantongi IOMKI tetap wajib menerapkan standar protokoler kesehatan agar izinnya tidak dicabut. "IOMKI adalah komitmen dari kami, bahwa industri harus tetap beroperasi dengan memperhatikan protokol kesehatan. Industri tidak boleh berhenti, karena industri adalah kontributor perekonomian terbesar bagi Indonesia," kata Agus dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Selasa (26/5).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor industri masih memberikan kontribusi paling besar terhadap struktur produk domestik bruto (PDB) nasional hingga 19,98 persen pada triwulan I-2020, meski di tengah tekanan dampak pandemi Covid-19.

Beberapa sektor industri pengolahan non-migas yang masih mencatatkan kinerja positif sepanjang tiga bulan pertama tahun ini, di antaranya industri kimia, farmasi dan obat tradisional yang tumbuh 5,59 persen, kemudian industri alat angkutan (4,64 persen) serta industri makanan dan minuman (3,94 persen).

Di samping itu, nilai investasi industri pengolahan selama triwulan I-2020 menunjukkan angka positif di tengah tekanan akibat pandemi Covid-19. Sepanjang tiga bulan pertama 2020, total penanaman modal sektor manufaktur di Tanah Air menyentuh Rp64 triliun atau melonjak 44,7 persen dibanding capaian pada periode yang sama tahun sebelumnya, yakni Rp44,2 triliun.

"Pada kuartal I-2020 ini, nilai investasi industri manufaktur memberikan kontribusi yang signifikan, hingga 30,4 persen dari total investasi keseluruhan sektor Rp210,7 triliun," ungkapnya.

Menperin menyebutkan, rincian nilai investasi sektor industri manufaktur pada triwulan I-2020 berasal dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) mencapai Rp19,8 triliun serta penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp44,2 triliun. Jumlah sumbangsih tersebut melonjak dibanding perolehan pada periode yang sama tahun lalu, yakni PMDN sekitar Rp16,1 triliun dan PMA Rp28,1 triliun.

Dengan memperhatikan sangat strategisnya sektor industri bagi perekonomian, Agus sangat berharap pelaku usaha dapat mematuhi segala ketentuan dari pemerintah, khususnya saat memasuki new era. Dengan begitu diharapkan tidak ada gelombang kedua pandemi Covid-19 di Indonesia yang pastinya akan memukul ekonomi nasional.

"Lebih lanjut, masyarakat akan hidup dalam keadaan new normal. Ini berlaku bagi seluruh sendi-sendi kehidupan, termasuk bagi sektor industri dan kawasan industri. Salah satu prasyarat dalam kenormalan baru adalah mengelola aktivitas industri dalam koridor protokol kesehatan," jelasnya.

Sebelumnya, diketahui sekitar 60% dari total perusahaan industri di Indonesia mengalami ekses negatif paling menderita (hard hit/hard suffer) akibat pandemi corona, menurut data Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Kemenperin telah mengelompokkan tiga kelas industri yang terdampak wabah corona di Indonesia, masing-masing industri yang paling terdampak (hard hit/suffer), kelas moderat dan kelas dengan demang yang tinggi. Meski banyak industri yang terkena dampak buruk dari wabah ini, namun ternyata terdapat beberapa industri yang justru memetik berkah dari wabah tersebut.

Beberapa contoh kelompok industri yang masuk dalam kelas suffer di antaranya adalah industri logam, industri otomotif, industri peralatan listrik, industri semen, keramik, industri pariwisata, industri tekstil dan produk tekstil (TPT) dan lainnya. Sementara kelas yang moderat adalah industri petrokimia. Sedangkan kelas dengan demand tinggi industri kesehatan, farmasi dan makanan – minuman.

Berdasarkan pemantauan Duniaindustri.com, memang terjadi perubahan besar dan drastis dalam iklim usaha di Indonesia sejak pandemi corona mulai menyerang. Perdagangan dan aktivitas industri yang dilakukan secara fisik paling terdampak mengingat adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diterapkan sejumlah daerah. Dan kondisi itu dihadapi sejumlah sentra industri, sementara di sisi lain market demand mulai menurun tajam seiring melemahnya aktivitas harian masyarakat.

Duniaindustri.com menggarisbawahi sejumlah kelompok industri yang masuk dalam kelas suffer di antaranya adalah industri logam, industri otomotif, industri peralatan listrik, industri semen, keramik, industri pariwisata, industri tekstil dan produk tekstil (TPT) dan lainnya. Sementara kelas yang moderat adalah industri petrokimia. Sedangkan kelas dengan demand tinggi industri kesehatan, farmasi dan makanan-minuman. Industri farmasi dan turunannya serta industri makanan terutama makanan siap saji hingga frozen food.(*/)

Sumber: klik di sini

Mari Simak Coverage Riset Data Spesifik Duniaindustri.com:

Market database
Manufacturing data
Market research data
Market leader data
Market investigation
Market observation
Market intelligence
Monitoring data
Market Survey/Company Survey
Multisource compilation data
Market domestic data
Market export data
Market impor data
Market directory database
Competitor profilling
Market distribution data
Company database/directory
Mapping competition trend
Profiling competitor strategy
Market data analysist
Historical data
Time series data
Tabulation data
Factory directory database
Market segmentation data
Market entry strategy analysist
Big data processor
Financial Modeling/Feasibility Study
Price trend analysist
Data business intelligence
Customized Direktori Database

* Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 183 database, klik di sini
** Butuh competitor intelligence, klik di sini
*** Butuh copywriter specialist, klik di sini
**** Butuh content provider (branding online), klik di sini
***** Butuh jasa medsos campaign, klik di sini

Database Riset Data Spesifik Lainnya:
  • Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 183 database, klik di sini
  • Butuh 24 Kumpulan Database Otomotif, klik di sini
  • Butuh 18 Kumpulan Riset Data Kelapa Sawit, klik di sini
  • Butuh 15 Kumpulan Data Semen dan Beton, klik di sini
  • Butuh 8 Kumpulan Riset Data Baja, klik di sini
  • Butuh 15 Kumpulan Data Transportasi dan Infrastruktur, klik di sini
  • Butuh 9 Kumpulan Data Makanan dan Minuman, klik di sini
  • Butuh 6 Kumpulan Market Analysis Industri Kimia, klik di sini
  • Butuh 3 Kumpulan Data Persaingan Pasar Kosmetik, klik di sini
  • Butuh competitor intelligence ataupun riset khusus (survei & observasi), klik di sini
  • Butuh copywriter specialist, klik di sini
  • Butuh content provider (online branding), klik di sini
  • Butuh market report dan market research, klik di sini
  • Butuh perusahaan konsultan marketing dan penjualan, klik di sini
  • Butuh menjaring konsumen korporasi dengan fitur customized direktori database perusahaan, klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar