Jumat, 18 Januari 2019

Menyusun Database Marketing dalam Dunia Industri Pemasaran

Database marketing saat ini merupakan bagian penting dalam dunia industri pemasaran. Prinsip utama dalam database pemasaran adalah setidaknya ada komunikasi organisasi dengan konsumen mereka secara langsung. Dari prinsip sederhana ini kemudian tumbuh menjadi suatu disiplin baru.

Meskipun demikian, ini tidak tumbuh dengan sedemikian cepatnya. Benih-benih database marketing yang kita pergunakan saat ini telah ada sejak abad 19 di dalam industri pesanan dengan surat di Amerika Serikat, yang melayani kebutuhan pupuk untuk petani ditempat yang jauh, peternak, dan kota-kota baru.

Database marketing memiliki tiga karakteristik utama:

• Ini berdasarkan kepada tanggapan langsung. Komunikasi Database marketing mengundang konsumen untuk memberikan tanggapan, melalui email, telepon, internet, voucher retail yang dapat ditukarkan, dan lainnya. Tanggapannya dapat bervariasi sesuai dengan permintaan dan informasi yang diberikan dalam pemesanan. Pengawasan terhadap umpan balik adalah hal yang sangat penting untuk database marketing.

• Database Marketing adalah terukur. Dalam setiap kampanye Database Marketing, respon diukur, dievaluasi dan dianalisa. Tanggapan dapat melalui berbagai media – telepon, surat, internet atau apapun. Pengukuran respon mengarah kepada akuntabilitas. Semua biaya dapat berhubungan dengan respon. Pengembalian investasi dapat dihitung. Iklan tradisional terutama bergantung pada teknik-teknik riset pasar berdasarkan sampel untuk mengukur efektivitas, meskipun untuk beberapa kampanye hasil penjualan dapat diukur secara akurat (misalnya, jika kampanye dijalankan di daerah pengujian saja). Pemasar database menggunakan data transaksi untuk mengukur. Inilah salah satu alasan database pemasaran telah disebut sebagai iklan ilmiah. Database pemasar melakukan tes mereka dalam lingkungan terkendali. Sementara lingkungan melakukan perubahan, database pemasaran adalah dekat dengan ilmu pencapaian pemasaran.

• Database marketing biasanya mensyaratkan organisasi untuk membangun dan menjaga database pelanggan dan prospek mereka. Hal ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pasar dan memberikan manfaat kompetisi .

Definisi Teknis
Database marketing adalah implementasi rencana, perekaman, analisa dan pelacakan konsumen sebagai tanggapan langsung dari waktu ke waktu dalam strategi pemasaran, untuk mengembangkan loyalitas konsumen jangka panjang dan memastikan keberlanjutan pertumbuhan bisnis. Marilah kita perhatikan definisi ini lebih lanjut:

1. Aktivitas perencanaan pemasaran. Semua database marketing harus sebagai bagian dari strategi pemasaran yang terkendali , yang menghasilkan hasil untuk pasar dan analisa pesaing dalam hubungannya dengan pencapaian obyek.

2. Penentuan Sasaran Konsumen. Informasi konsumen harus disimpan dan dapat mampu untuk dimanipulasi dan diambil dari database pelanggan, untuk menghubungi pelanggan yang ada. Analisa untuk hal ini akan membantu organisasi dalam mengenali karakteristik konsumen di masa yang akan datang.

3. Mengukur aktivitas pemasaran anda. Hasil dari database marketing harus dapat diukur, untuk memberitahukan kepada anda apa yang berhasil dan tidak berhasil.

4. Pelacakan. Hal ini melibatkan pengawasan tanggapan konsumen sesuai dengan waktu, untuk menjaga Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengukur nilai mereka dan memahami berapa banyak hasilnya dari pemasaran kepada mereka.

5. Perilaku konsumen. Pelacakan pola pengeluaran dan perilaku umum konsumen dapat membantu organisasi membangun produk yang populer dan yang tidak. Hal ini dapat membantu menentukan produk masa depan dan strategi.

6. Strategi masa depan. Salah satu tujuan dari pemasaran adalah untuk memaksimalkan nilai konsumen organisasi untuk itu. Langkah-langkah sebelumnya akan memastikan memiliki informasi untuk rencana pemasaran yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan ini.

7. Mengembangkan loyalitas jangka panjang. Dengan menargetkan konsumen yang tepat, menawarkan apa yang mereka inginkan, dan mendorong mereka untuk mengambil lebih dari produk Anda, organisasi dapat melindungi basis konsumennya. Konsumen mungkin akan menggunakannya lebih lama.

8. Mendorong pertumbuhan yang menguntungkan. Hal ini dicapai dengan peningkatan jumlah konsumen setia dan berharga yang dimiliki organisasi , dan membatasi jumlah konsumen dengan nilai rendah dan / atau risiko tinggi. Hal ini meningkatkan omset dan keuntungan, yang dapat diinvestasikan kembali untuk memastikan layanan dan standar produk yang dipertahankan dan konsumen akan merasa senang

Aktivitas Perencanaan Database Marketing

Ada tiga area kunci yang dipertimbangkan dalam perencanaan kampanye untuk menjalankannya dengan konsumen anda :
• Akuisisi – melakukan perekrutan konsumen baru ;
• database management – menyimpan dan mengolah informasi konsumen ;
• retensi dan pengembangan-menjaga konsumen/loyalitasnya dan program lain untuk menjaga dan mengembangkan konsumen yang ada

Akuisisi Pemasaran
Hal ini melibatkan :

• Memutuskan apa jenis konsumen yang Anda inginkan – target pasar Anda.

• Mencari tahu siapa mereka, berapa banyak dari mereka yang ada dan di mana mereka – ini adalah untuk menilai peluang pasar.

• Memahami apa yang memotivasi mereka – menggunakan riset pasar dan umpan balik untuk mengidentifikasi titik-titik kunci penjualan Anda dan USP jika Anda memiliki satu.

• Menentukan media yang digunakan untuk berbicara dengan mereka. Media apa yang mereka konsumsi? Dokumen apa yang mereka beli, kapan mereka punya waktu untuk berpikir tentang proposisi Anda?

• Mengembangkan komunikasi dan kampanye yang dipergunakan – nada suara yang akan dipergunakan, kertas dan format mana yang paling hemat dan sesuai, kapan waktu yang paling tepat untuk melakukan komunikasi dengan mereka, kapan penjualan harus dilakukan

• Mengubah prospek menjadi konsumen – dalam penjualan. Informasi apa yang mendukung konversi ini, apakah itu terjadi jarak jauh, melalui surat atau melalui contact center? Bagaimana seharusnya staf penjualan dilatih untuk melakukan hal ini? Bahan apa harus dikirim ke konsumen untuk mencapai dan mengkonfirmasi penjualan?

Manajemen Database
Hal ini melibatkan :
• Mendapatkan informasi konsumen yang relevan – yang merupakan konsumen terbaik, apa atribut yang mereka miliki, berapa banyak prospek yang tersedia seperti mereka?
• Menyimpan informasi dalam format, yang dapat digunakan dan aman.
• Meningkatkan informasi ini dari waktu ke waktu – memastikan sistem dapat masuk ke dalam database sehingga terus up to date.
• Analisis informasi untuk mengidentifikasi konsumen – kapan dan apa yang mereka beli terakhir, nilai mereka, segmen yang mereka miliki, produk yang diberikan .
• Pemilihan segmen target konsumen untuk kampanye – segmen tertentu mungkin memerlukan tindakan yang berbeda untuk alasan yang berbeda.
• Pencatatan penjualan dan respon – penting untuk mengetahui apa yang berhasil dan apa yang tidak.
• Mengevaluasi, pengukuran dan perencanaan bisnis masa depan – strategi untuk memaksimalkan nilai dari database.

Retensi dan Pengembangan
Ini melibatkan:
• Memberikan kualitas layanan konsumen dan produk yang memenuhi kebutuhan mereka.
• Membangun loyalitas dari waktu ke waktu.
• Memaksimalkan panjang dan nilai hubungan dengan konsumen.
• Berkomunikasi dengan mereka secara teratur di waktu yang tepat (yang tepat bagi mereka!).
• Memperdalam hubungan dengan konsumen dengan mendorong mereka untuk membeli berbagai jenis produk, untuk peningkatan dan pembaharuan.
• Pemantauan profitabilitas.

* Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 164 database, klik di sini
** Butuh competitor intelligence, klik di sini
*** Butuh copywriter specialist, klik di sini
**** Butuh content provider, klik di sini
***** Butuh jasa medsos campaign, klik di sini

Database Riset Data Spesifik Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar